REVIEW BUKU SEMUA IKAN DI LANGIT: MENGENAL TUHAN DALAM SOSOK BELIAU

Salam literasi!

Pada postingan kali ini, saya akan membahas sebuah buku yang cukup mencuri perhatian saya. Judulnya adalah Semua Ikan di Langit. Berikut adalah informasi mengenai buku tersebut.



Judul            : Semua Ikan di Langit

Penulis        Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Halaman      : 213

Penerbit       : Grasindo

Tahun Terbit : 2017


SINOPSIS

Secara tiba-tiba, sebuah bus Damri dengan rute Dipatiukur-Leuwipanjang berubah trayek melintasi luar angkasa. Bus yang sehari-hari diisi dengan hiruk pikuk manusia dan cerita-ceritanya, kini hanya ditumpangi seorang anak kecil berjubah. Anehnya, anak kecil itu tidak menapakkan kakinya di lantai bus melainkan melayang-layang dalam diam. Dari rambutnya, keluar ikan julung-julung yang membuat si Bus Damri ini terbang melintasi ruang dan dimensi waktu. Bus Damri menyebut anak laki-laki itu 'Beliau'. Bersama dengan Beliau dan ikan julung-julung inilah, bus Damri itu menyaksikan kejadian-kejadian ajaib yang bersumber dari tangan kecil beliau. 


REVIEW

Buku ini bergenre fantasi. Walaupun cerita ini terkesan seperti dongeng, namun sebenarnya buku ini mengambil tema yang sangat dalam yaitu tentang Tuhan. Saya pribadi sangat suka dengan konsep dari Ziggy yang mengemas tema berat menjadi sesuatu yang bisa dinikmati siapa saja dengan analogi-analogi yang cerdas. Ziggy dan tulisannya ini sangat otentik. Walaupun pada awal-awal bab cerita ini seperti disajikan secara acak, namun sebenarnya apabila dicermati kembali cerita tersebut memang sepertinya disengaja untuk dituliskan demikian.

Untuk sudut pandang yang dipakai pada novel ini adalah orang pertama dengan tokoh utama sebuah bus Damri Tua. Penggambaran karakter dari bus sendiri menurut saya sangat luwes dan mengalir. Setiap membaca, seolah-olah pembaca dibawa masuk ke dalam karakter bus yang sangat kagum dan mencintai penumpang kecilnya, Beliau. Sedangkan penggambaran sosok 'Beliau' sendiri juga konsisten. Dan yang paling unik menurut saya adalah adanya karakter ikan julung-julung yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keajaiban Beliau.

Dengan membaca buku ini, sepertinya penulis ingin mengajak pembaca untuk mengenal sosok Tuhan dengan sederhana. Atau bisa jadi, cerita ini adalah bentuk jawaban dari pertanyaan penulis tentang sosok Tuhan,

Secara keseluruhan, saya sangat menyukai buku ini dan juga bagaimana cara Ziggy menuliskan pesan ceritanya yang berat menjadi kisah berbau imajinatif dan dongeng. Terlebih lagi, Ziggy juga menambahkan gambar ilustrasi karyanya sendiri. Keren banget!

Salah satu ilustrasi





QUOTES

Saya lumayan banyak menandai beberapa kata-kata yang bagus/inspiratif. Berikut saya bagikan untuk kalian semua.









MORAL VALUE/PESAN

Dari kisah Bus Damri kita belajar untuk melihat dan mengenal Tuhan dengan cara yang berbeda. 

Tuhan selalu melihat dan mendengar.

Tuhan adalah sumber dari keajaiban, Dia adalah awal dan akhir. Semua hal di dunia terjadi atas kuasaNya.

Tuhan sangat mencintai manusia.


Demikian ulasan singkat buku Semua Ikan di Langit.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Happy birthday Gagas!

Perempuan yang Menanggung Dunia dan Seisinya: Bukit Kesengsaraan